3 Kuliner Legendaris yang Harus Kamu Coba di Jogja

by CushyJogja


Posted on 2018-10-31



Liburan di Jogja memang paling asik jalan-jalan sama makan-makan iya kan? Di kota istimewa yang penuh budaya dan sejarah ini, ada banyak kuliner yang perlu kamu coba. Beberapa kuliner sudah melegenda dan punya sejarahnya masing-masing. Dengan mengikuti alur makanan di Kota Istimewa ini, kamu sudah otomatis akan jalan-jalan di tempat unik nan bersejarah. Tapi bingung mau kemana? Cushy kasih 3 rekomendasi menu murah meriah yang mampu bertahan di tengah gempuran arus modern nih. 

Es Tape Pak No SMTI

Salah satu kuliner tertua di Jogja bisa kamu temukan di Jalan Kusumanegara. Di depan Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI), Pak No menjual Es Tape racikannya sejak 1969. Lelaki berusia 68 tahun tersebut sudah berjualan sejak berumur 18 tahun, dan sejak dulu hingga sekarang ia tak pernah berpindah tempat.

Penikmat Es Tape Pak No tidak hanya berasal dari kalangan siswa SMTI saja. Banyak penduduk Jogja baik yang bertempat tinggal di sekitar Kusumanegara atau yang jauh sekalipun kerap singgah untuk sekedar mencicipi Es Tape Pak No.

Dibandrol Rp5.000 saja per gelasnya, Es Tape Pak No disajikan dengan dua jenis roti; roti tawar dan roti manis isi selai nanas (roti Jordan), tergantung permintaan pelanggan. Biarpun legendaris, Pak No masih berjualan dengan gerobak berwarna biru yang berlokasi di pinggir jalan.

 

Burger Monalisa

Walaupun bukan makanan khas Jogja, Burger Monalisa berhasil bertahan sejak dibuka tahun 1988 hingga saat ini. Burger Monalisa ini dirintis oleh Agung Sanyoto, yang saat itu masih berstatus mahasiswa di Universitas Pembangunan Nasional (UPN).

Resep Burger Monalisa sendiri adalah resep hasil modifikasi Agung bersama ibunda. Setelah menemukan resep sendiri, awalnya Agung membuka usaha burger miliknya itu dengan nama Garfield Burger, dan berlokasi di Jalan Kaliurang. Usaha milik Agung ini terus berjalan hingga akhirnya ia merubah nama burgernya menjadi Monalisa agar lebih dikenal orang banyak.

 Rahasia Burger Monalisa bisa bertahan hingga menjadi burger legendaris adalah modifikasi rasa yang dialkukan Agung dan ibundanya menyesuaikan dengan cita rasa Jogja, yaitu pedas manis, berbeda dengan rasa burger kebanyakan yang cenderung didominasi rasa gurih. Kini kamu bsia menikmati burger monalisa dengan harga mulai dari Rp20.000 saja.

Es Krim Tip Top

Kedai Es Krim Tip Top pertama dirintis pada tahun 1936 oleh Lukas Alum Kurnianto. Kedai Es Krim ini berada di jalan P. Mangkubumi Yogyakarta hingga tahun 2014 hingga akhirnya pindah ke Jalan Prof Dr. Yohanes, Sagan, Yogyakarta. Kepindahan Kedai Es Krim ini bukan tanpa alasan. Selain karena bangunan yang tidak layak digunakan lagi, cucu generasi ketiga pewaris kedai tersebut juga menggunakan kesempatan pindahnya sebagai usaha rebranding untuk menarik massa lebih muda.

Tapi jangan khawatir, urusan resep dan rasa dari kedai es krim ini tentu masih dipertahankan. Perubahan hanya dilakukan pada mutu bahan baku dan variasi menu yang tersedia. Es Krim Tip Top yang legendaris ini bisa kamu nikmati mulai harga Rp20.000 saja. (dev)


Search
Categories