Tersenyum adalah salah satu ekspresi otomatis manusia ketika merasa bahagia dan senang. Mungkin terkesan sepele, ternyata senyum punya banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental kita lho.. Senyum dipercaya bisa membuat manusia awet muda dan menghilangkan stress serta menjauhkan dari penyakit.

Senyum membuat anda tetap positif.

Ketika kita merasa senang atau bahagia, wajah akan otomatis tersenyum. Ternyata hal ini juga berlaku sebaliknya. Ketika tersenyum, tubuh akan menjadi rileks dan perasaan akan menjadi lebih tenang meskipun sedang sedih atau takut. Dengan tersenyum, otak akan berpikir bahwa semuanya akan baik-baik saja, karena wajah masih bisa tersenyum.

Senyum mengeluarkan endorphins dan serotonin.

Alasan mengapa kita merasa lebih bahagia setelah tersenyum adalah karena otak mengeluarkan zat serotonin ketika kita tersenyum. Zat ini memberikan perasaan nyaman dan aman, membuat kita merasa lebih senang setelah tersenyum. Selain itu, senyum juga membuat otak manusia memproduksi zat endhorpin yang membantu meredakan rasa sakit dan memberikan rasa nyaman, karenanya ketika kita sedang sedih dan tersenyum, kita akan merasa lebih baik.

Senyum dapat mengurangi stres.

Karena tiga poin di atas, senyum bisa membantu kita mengurangi rasa stress dan tekanan yang kita rasakan. Dengan sikap positif dan perasaan ceria, kita akan selalu terhindar dari stress dan tekanan.

Posted on 2019-03-01 byCushyJogja


Search